Jokowi dan Para Menteri Disuntik Vaksin Sinovac 13 Januari https://bit.ly/3baWJtW

Jokowi dan para menterinya melakukan penyuntikan v4ksin Sinovac pada 13 Januari 2021

Jokowi dan para menterinya melakukan penyuntikan v4ksin Sinovac pada 13 Januari 2021

Penyuntikan akan dilakukan di Jakarta sebagai simbol dimulainya vaksinasi di Indonesia. Vaksinasi awal juga akan diikuti di 34 provinsi secara serentak.

Kemudian, Kamis (14/1) dan Jumat (15/1), vaksinasi massal dimulai di berbagai daerah. Petugas kesehatan, kepala daerah, dan tokoh masyarakat merupakan tiga kelompok prioritas pada gelombang pertama vaksinasi.

Hero mengatakan vaksinasi awal akan disiarkan langsung di berbagai media. Langkah ini dilakukan untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin aman digunakan.

“Supaya masyarakat bisa melihatnya langsung memberikan antusias, bisa berlanjut di daerah juga. Setidaknya ada daerah dan kota besar yang berlangsung,” ujarnya.

Namun, pemerintah belum menyusun daftar nama penerima vaksin pertama kecuali Jokowi dan anggota kabinet. Daftar baru akan dibuat akhir pekan ini.

“Pada hari Jumat kita akan membahas siapa saja perwakilan masyarakat Indonesia dan TNI,” ujarnya.

Sebelumnya vaksinasi mulai didistribusikan ke berbagai daerah sebelum vaksinasi.

Menteri Kesehatan Bodhi Gonady Sadikin mengatakan vaksinasi akan dimulai minggu depan. Presiden Jokowi dan para menterinya akan menjadi yang pertama menyuntikkan vaksin.

Namun, vaksin Sinovac belum mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sinovac juga tidak diklaim efektif atau efektif melawan virus Sars-Cov-2 yang menyebabkan Covid-19. Meskipun uji klinis fase 3 untuk vaksin ini telah diselesaikan di banyak negara.