Token Listrik Gratis Dari PLN Diperpanjang Sampai Maret 2021, Berikut Ini Cara MengKlaimnya

Token Listrik Gratis Dari PLN Diperpanjang Sampai Maret 2021, Berikut Ini Cara MengKlaimnya

Subsidi listrik diberlakukan kembali dengan aturan listrik gratis (kode PLN gratis) yang berlaku. Pasalnya, pemerintah sedang memperpanjang program PLN kode listrik gratis untuk konsumen dalam negeri dengan 450 VA dan 900 VA hingga Maret 2021 (listrik gratis 2021).

Untuk pelanggan rumahan, 100% atau gratis diskon diberikan kepada pelanggan listrik 450 VA.

Kemudian, diskon 50 persen diberikan kepada pelanggan kelas energi 900 VA bersubsidi yang sudah tercatat di Data Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS) di Kementerian Sosial.

Demikian pula, pelanggan komersial dan industri dengan 450 volt amp akan menerima 100 persen dari tagihan listrik mereka.

Program perpanjangan subsidi tagihan listrik merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat miskin dan rentan dalam menghadapi wabah Covid-19.

Menindaklanjuti kebijakan pemerintah tersebut, PLN menyatakan siap melanjutkan dan berhasil menyalurkan gratis stimulus listrik 2021.

“Sebagai sistem, kami siap kembali ke distribusi, karena ini perpanjangan. Kami optimis distribusi berjalan dengan baik,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Bob Sarrell dalam keterangannya, Sabtu (2/1/2021).

Insentif Covid-19 bisa dinikmati dalam bentuk subsidi listrik gratis atau diskon listrik bagi pelanggan PLN pada 7 Januari 2021.

Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, PT PLN (Persero) menawarkan dua cara utama bagi kedua kelompok pelanggan tersebut untuk mendapatkan kode gratis, yaitu situs resmi perusahaan dan WhatsApp.

Berikut cara mendapatkan kode listrik gratis untuk Januari 2021, seperti dikutip dari Pernyataan resmi PLN.

Cara mendapatkan kode listrik gratis melalui website PLN atau PLN online:

Pelanggan dapat mengakses situs resmi PLN pln.co.id (layanan pln.co.id)
Pilih menu “Pelanggan”, dan klik opsi “Stimulus Covid-19 (Gratis / Kode Diskon)”
Masukkan ID pelanggan atau nomor counter di bidang pencarian dan ID pelanggan yang muncul di layar
Jangan lupa isikan kode captcha di kolom “Enter the word next”
Klik tombol “Cari”
Ikon listrik gratis akan muncul di kolom Deskripsi
Kode listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan nomor tersebut pada meter kilowatt hour
Baca juga: PLN Jamin Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Jakarta Bali Siap Digunakan

Cara mendapatkan token listrik gratis melalui WhatsApp

Hubungi PLN melalui WhatsApp di 08122123123
Pelanggan dapat memulai percakapan dengan mengetik kata kunci “listrik gratis” atau mengetik nomor ID pelanggan.
Masukkan ID pelanggan atau nomor loket sesuai dengan instruksi di layar
Ikon listrik gratis akan muncul di layar
Kode listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan nomor tersebut pada meter kilowatt hour.
Cara mendapatkan diskon listrik melalui aplikasi PLN Mobile:

Buka aplikasi PLN Mobile.
Klik “PLN Peduli Covid-19” di bagian Informasi dan Promosi.
Masukkan ID pelanggan / nomor loket.
Ikon gratis akan muncul
Klien hanya perlu memasukkan kode gratis ke konter sesuai dengan ID pelanggan. Santunan Listrik Gratis (PLN) atau potongan listrik yang diterima pelanggan dalam bentuk kode yang akan diberikan setiap bulan.

Sebagai informasi, pelanggan rumah tangga 450 VA sebanyak 24,16 juta dan rumah tangga 900 VA tidak dapat menangani 7,87 juta pelanggan. Sedangkan usaha kecil dan industri kecil berjumlah 459.000 klien.

Sementara itu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Reda Moliana, mengatakan pemberian insentif tarif listrik tersebut bersifat sementara, yakni hingga kuartal I 2021.

Sehingga pemerintah berharap konsumen listrik penerima insentif dapat menggunakannya dengan bijak. Total alokasi anggaran untuk insentif tarif listrik hingga Q1 2021 adalah Rs. 4,57 triliun.

“Meski insentif diberikan kepada beberapa pelanggan, kami meminta PLN untuk mengutamakan keandalan pasokan dan kualitas layanan kepada semua pelanggan,” kata Reda.

Sementara itu, Harian Kompas, Kepala Korporasi Konsumen Indonesia, Toulos Abadi, melaporkan dampak wabah Covid-19 tidak mengenal orang miskin maupun orang kaya. Konsumen listrik yang paling terkena dampak wabah Covid-19 adalah mereka yang tinggal di perkotaan. Oleh karena itu, insentif tarif listrik diharapkan tidak hanya diberikan kepada rumah tangga miskin 450 VA dan 900 VA. Insentif dapat meluas ke kelas kaya 900 VA dan 1300 VA. “Ingat, dampak wabah Covid-19 di kota-kota sangat nyata. Selama ini 1,6 juta orang menjadi korban PHK (PHK) dan belum termasuk pelanggan 450 VA dan 900 VA yang tidak mampu membelinya. Tentu mereka juga pantas mendapatkan insentif harga listrik.” . Dalam situasi seperti ini, lanjut Tullus, data demografi menjadi sangat penting. Ini terkait dengan program pemerintah yang memberikan jaring pengaman sosial atau subsidi. Pemerintah dinilai belum memiliki data yang akurat mengenai kelompok masyarakat yang terpapar kemiskinan.